STADION UTAMA GELORA BUNG KARNO SAMBUT ASIAN GAMES 2018!

Wajah Baru Stadion Utama Gelora Bung Karno Menyambut Asian Games 2018

Stadion Utama Gelora Bung Karno atau disingkat SUGBK telah siap menyambut peserta Asian Games 2018. Wajah muram-nya sudah hilang. Kini, Stadion bersejarah yang dibangun tahun 1962 ini telah dipoles untuk memenuhi lima standard FIFA. Fasiltas-fasilitas baru yang modern dan canggih layaknya stadion bertaraf International, telah terpasang. Tak berlebihan,  jika SUGBK dapat disejajarkan dengan stadion-stadion elit di Eropa.

Wajah Baru SUGBK Fresh Foto: Berlimanews.com

Meski sekilas SUGBK masih tetap memiliki atap temu gelang, tribun penonton dua lantai, dan lapangan hijau yang dilingkari oleh lintasan atletik, namun SUGBK terasa lebih Indonesia dan modern. Hmm, apa saja sih kelebihannya sekarang?

KURSI PENONTON SINGLE SEAT

Kursi Single Seat SUGBK
Ilusi Indonesia di Jajaran Kursi Single Seat

Anda tidak perlu takut lagi berdesakan ataupun tidak mendapat kursi, karena kursi-kursi yang ada di SUGBK sudah bernomor layaknya kursi di Gedung Bioskop, atau istilah keren-nya single seat. Jika ingin menonton dengan posisi yang sesuai dengan anda inginkan, nomer kursi bisa dipesan secara online.

Kursi di SUGBK
Kursi Single Seat Foto: Istimewa

Penampilan kursi juga lebih terlihat modern dan berkharakter. Tribun berwarna merah, putih dan abu-abu mampu memunculkan ilusi bendera Merah Putih berkibar jika dilihat dari udara. Perubahan ini berdampak jumlah penonton yang tertampung bakal berkurang. Nantinya, SUGBK hanya mampu memuat 78.000 penonton. Artinya menyusut 2.000 kursi dari sebelum renovasi. Namun pengurangan jumlah kursi ini membuat tribun justru lebih lega.

SISTEM KEAMANAN ANTI TERORISME

Kamera CCTV untuk Mendeteksi Wajah dan Barang Tertinggal
Kamera CCTV untuk Mendeteksi Wajah dan Barang Tertinggal

Aksi terorisme yang kemungkinan menyasar ke stadion kebanggaan rakyat Indonesia ini juga telah diantisipasi dengan sistem deteksi wajah. SUGBK  memasang CCTV 7K yang disebar di segala penjuru Stadion. CCTV ini mampu merekam dan mendeteksi penonton dan mampu mencocokkan dengan wajah teroris yang terekam di database Badan Nasional Penanggulangan Terorisme. Sedangkan area presidensial atau Royal Box sistem keamanan-nya dilengkapi dengan bullet proof glass atau kaca tahan peluru sniper AW 10 caliber 7.62.

EFEK WOW

Rumput SUGBK Cantik
Rumput SUGBK Bertaraf Internasional Foto: Youtube

Kenyamanan tribun Stadion yang telah berusia 55 tahun ini ditambah dengan rumput hijau yang sudah ditata dengan apik Rumput jenis Zoysia Matrella membuat lapangan sangat sedap dipandang dan memberi efek wow saat pertama kali melihatnya.

Lapangan hijau ini juga bisa digunakan untuk konser, tanpa harus takut rusak lantaran terinjak-injak ribuan penonton, sebab SUGBK ini telah dilengkapi penutup rumput yang bisa diinjak dan dipasang panggung hingga lima hari. Wow!

Sistem drainase lapangan menjadi Iebih cepat dengan jarak saluran dari tiap 7 meter menjadi tiap 4 meter. Usaha ini difungsikan agar Lapangan terhindar dari banjir, yang bisa mengganggu pertandingan. Mengusung konsep Smart Stadion, SUGBK juga dilengkapi dengan sistem penyiram lapangan otomatis dengan menggunakan limbah air hujan yang ditampung.

Wajah Baru SUGBK
Wajah Baru SUGBK

PENCAHAYAAN LEBIH CANGGIH

Pencahayaan Canggih Stadion SUGBK
Pencahayaan yang Canggih Foto: Tribunnews.com

Penonton SUGBK juga bisa menikmati pertandingan dengan lebih jelas karena sistem pencahayaan sudah diperbaharui. Penonton akan dimanjakan dengan daya pancar cahaya yang bisa mencapai 3000 lux! Maka tak heran jika sistem ini sangat cocok dengan siaran langsung berkualitas HD, mata penonton televisipun akan termanjakan dengan kualitas yang sangat baik. Sistem pencahayaan ini dijalankan dengan piranti lunak.

Tata Cahaya SUGBK
Tata Cahaya SUGBK

SUGBK juga memiliki sejumlah panel surya yang akan diletakkan di atap stadion. Panel surya ini bisa menyembur energi listrik sekitar 450 kilowatt. Namun, energi yang dihasilkan panel surya ini hanya bisa difungsikan langsung siang hari lantaran belum punya baterai penyimpanan.

PAPAN SKOR DIGITAL 

Papan Skor Digital Foto: Istimewa

Mata penonton akan dimanjakan dengan telah terpasangnya papan skor digital SEIKO. Papan skor LED dengan ukuran 16×6 dipasang pada dua sisi, yakni tribun timur dan barat. Selain dipakai untuk menampilkan skor dan waktu pertandingan, papan skor ini juga bisa digunakan untuk menampilkan momen-momen penting sepanjang laga.

KENYAMANAN LAIN

Usaha untuk membikin Stadion gagasan Presiden Soekarno ini tidak main-main. Renovasi juga tampak terlihat di kawasan toilet penonton dan pemain, loket tiket, area publik serta jalur masuk penonton.

Jokowi di SUGBK
Jokowi Berjalan di Ruang Terbuka Sekitar SUGBK

Bagi anda yang selalu ingin terhubung dengan dunia maya, kawasan ini sudah dilengkapi oleh tiga kabel optik. Akses internet di SUGBK ini didukung internet Broadband Wifi di Segala penjuru stadion.

SUGBK Siap Menyambut Asian Games 2018 Foto: Viva.co.id
SUGBK Siap Menyambut Asian Games 2018 Foto: Viva.co.id

Begitulah, Wajah baru Stadion Utama Gelora Bung Karno sekarang. Perubahan yang lebih modern dan nyaman ini diharapkan juga diimbangi dengan perubahan perilaku penonton agar lebih menjaga kebesihan dan tidak merusak fasilitas yang ada. Selamat datang Asian Games 2018! Semoga menjadi Energy of Asia yang sesungguhnya.

BECIKA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *