RESTORAN ITHAA, SENSASI MAKAN DI BAWAH LAUT!

Menikmati kuliner sambil memberi makan ikan, kini sudah menjadi hal lumrah dan jamak ditemukan di sejumlah restoran. Cerita akan menjadi lain, bila manusia bersantap kuliner, sembari diawasi beribu ribu pasang mata ikan!

Tak bisa dipungkiri, kehadiran restoran atau rumah makan dengan konsep di atas air atau kolam ikan, menjadi fenomena bisnis kuliner kekinian. Restoran dengan tema tersebut, kini menjadi tempat kuliner paling asyik dan banyak diburu keluarga, kelompok masyarakat. Ya, menikmati kuliner sambil memanjakan mata dengan atraksi aneka ikan, mampu menjadi daya tarik dan kepuasan tersendiri!

Menikmati restoran bawah laut sumber: tripadvisor.co.uk

Peluang bisnis kuliner dengan memadupadankan konsep hayati, mampu dilirik oleh pengelola resort Conrad Maldives Rangali Island, di Republik Maladewa atau dikenal juga sebagai Maldives. Bila selama ini restoran berada di atas air, mereka justru berfikir sebaliknya, dengan membangun undersea restaurant atau restoran bawah laut!.

Restoran bawah air yang dinamakan ‘Ithaa restaurant’ tersebut, dibangun oleh konsultan desain berbasis Selandia Baru M.J. Murphy Ltd. Restoran yang lebih menyerupai akuarium besar dan dirakit di Singapura itu, dipasang di dekat Conrad’s Sunset Grill Restaurant, sekitar 5 meter di bawah permukaan laut.

Ithaa Undersea Restaurant, Maldives Sumber: Tripadvisor

Ithaa merupakan restoran kaca bawah laut yang pertama di dunia dan menjadi tempat wisata kuliner ikonik bawah laut. Layaknya akuarium, restoran Ithaa memiliki atap dan dinding akrilik yang transparan. Restoran  berbentuk melengkung, dengan ketinggian lebih dari 2 meter. Dari front office restoran diatas air, pengunjung akan dibawa turun melewati 15 – 20 anak tangga.

Begitu sampai di dalam restoran, mata anda akan langsung dimanjakan, dengan pemandangan bawah laut Samudera Hindia nan menakjubkan! Ya, sambil bersantap, pengunjung bisa  melihat keindahan aneka terumbu karang, gerombolan berbagai jenis ikan,  hiu, pari, kura kura, spons, alga, rumput laut dan aneka jenis makhluk penghuni laut lainnya. Selain itu, anda juga dapat  menyaksikan aktifitas diving penyelam, atau atraksi si ‘Nemo’, sebuah kapal selam mini yang berpenumpang 3 orang. Bila tertarik merasakan  Nemo, anda cukup merogoh kocek sekitar USD 500 untuk dua orang. Anda bisa menjelajahi Samudera Hindia hingga kedalaman 30 meter, selama 30 menit berkendaraan.

Meski restoran berada di bawah laut, anda tak perlu takut akan kekurangan oksigen! Demi menjaga kebutuhan oksigen, pengunjung restoran dibatasi hingga 14 orang untuk sekali makan. Uniknya lagi, setiap pengunjung tak diperbolehkan memakai sandal dan sepatu alias telanjang kaki!  “Tampaknya ide yang sempurna untuk membangun restoran di mana pengunjung dapat menikmati masakan lezat dan meluangkan waktu untuk menikmati pemandangan tanpa pernah membuat kaki mereka basah.” Ujar GM Ithaa restaurant – Carsten Schieck.

Ithaa Restaurant Menu

Ithaa restaurant termasuk salah restoran mewah dan mahal di dunia. Menu di restoran ini, berupa paduan masakan Barat atau eropa dan Maladewa, dengan menu musiman. Sebagai negara kepulauan dan penghasil banyak ikan, pihak Ithaa restoran menyediakan aneka jenis makanan laut atau seafood berstandar internasional. Diantaranya, tuna sirip kuning dengan serai dan saus sumac, kerang dan aneka ikan lainnya.

Menu lainnya, daging sapi Angus dengan truffle atau ikan raja dengan kataifi langoustines. Sedangkan menu pencuci mulut, anda bisa menikmati coklat figs dariole atau mascarpone yang diresapi dengan krim espuma lemon grass, atau macaroon yang diisi dengan mangga dan beri, atau jeruk nipis dan limoncello.

Ya, selain lokasi yang unik dan eksklusif, harga makanan di restoran Ithaa terbilang cukup mahal. Kisaran harga menu, antara USD$120 – USD$250. Sementara biaya makan malam standar di Ithaa restourant, bisa mencapai  sekitar $ 300-350.  Tapi, bila dibanding dengan kepuasan dan sensasinya, harga tersebut tentu cukup sepadan dengan apa yang didapatkan! Apalagi, sebagai restoran yang eksklusif, Ithaa restoran sudah beberapa kali mendapat pengakuan dan penghargaan terbaik di level dunia.

Ithaa undersearestaurant, maldives Sumber: thepointsguy.com

Bayangkan saja, saat anda makan tiba tiba muncul penampakan sekumpulan hiu buas dan ikan pari atau hewan laut unik, yang hadir begitu dekat! Momen-momen tersebut kerap memancing teriakan emosional pengunjung secara spontan! Merekapun berebut mengabadikan momen natural itu, dengan menjadikan sebagai objek foto atau  backround foto selfie yang fantastis! Sungguh sebuah sensasi yang cukup mahal, yang hanya bisa didapat di Ithaa restaurant!.

Conrad Hotels Maldives Sumber: Traveladvisor.com

Gaung Ithaa restaurant sebagai tempat makan ikonik di bawah laut, kini menjadi incaran destinasi para wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Tak heran, sejak dibuka tahun 2005 lalu, Ithaa restaurant selalu ramai dan menjadi salah satu tempat favorit bagi para turis, yang berkunjung ke kepulauan Maladewa. Sejumlah wisatawan yang pernah berkunjung beragumentasi, bahwa Ithaa restoran adalah alasan mereka berada di Conrad, Maldives! Bahkan, pengalaman di restoran fantastik tersebut, bagaikan sebuah mimpi indah yang teramat susah untuk dilupakan!

Becika 

3 thoughts on “RESTORAN ITHAA, SENSASI MAKAN DI BAWAH LAUT!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *