BAPAK BATIK DUNIA NELSON MANDELA

Sebelum Mandela Wafat, nyaris tak ada satupun warga Afrika Selatan yang berani memakai batik. Selain kala itu harganya tergolong mahal, batik yang seringkali disebut Madiba Shirt di Afrika Selatan, jadi pakaian khas mandela. Karenanya, warga Afrika Selatan segan meniru pakaian pemimpin kharismatik tersebut !

BATIK DI PIALA DUNIA 2010

Piala Dunia Sepakbola tak lama lagi akan digelar di Rusia, Juni 2018. Penggemar bola pasti sudah berhitung peluang tim jagoannya pada gelaran tersebut. Minus Belanda dan Italia yang tak lolos penyisihan grup, ajang tersebut akan banyak memunculkan tim kuda hitam.

Nah, kalau flashback ke gelaran World Cup 2010 di Afrika Selatan, Prosesi penutupan world cup 2010, jadi ajang yang cukup monumental masyarakat Indonesia. Kok bisa ya, kan Timnas Sepakbola kita gak ikut bertanding ? Nah ternyata, pemimpin Afrika Selatan Nelson Mandela, memakai batik saat upacara penutupan world cup 2010. Penampilan pemimpin Afrika Selatan itu sontak menjadi perhatian pencinta mode di Indonesia, bahkan dunia.

Courtessy : FIFATV/ Youtube

FILOSOFI PEMBUATAN BATIK

Perkenalan pertama Mandela dengan batik terjadi pada tahun 1990, beberapa bulan setelah ia dibebaskan dari penjara Pulau Roben. Waktu itu, Indonesia termasuk salah satu negara pertama yang dikunjungi Mandela sebagai Presiden Kongres Nasional Afrika (ANC). Dalam pertemuan dengan Presiden Suharto, Mandela mengenakan batik pemberian pemerintah Indonesia Sejak itu presiden kulit hitam pertama Afrika Selatan ini sering memakai batik..

Mandela dan Presiden Soeharto

Mandela tak hanya terkesan dengan motif batik, yang penuh filosofi. Proses pembuatan batik pun, dianggap sejalan dengan kepribadian Mandela.

Batik mencerminkan kesabaran dan keharmonisan dalam menentukan corak dan warna. Inilah ciri kepribadian Mandela. Kesabaran ini dibuktikan dengan keteguhan hatinya untuk memperjuangkan kesetaraan untuk masyarakat Afrika Selatan dan harus dipenjara selama 27 tahun.

Penantian 27 tahun ini akan melemah bila tidak ada kesabaran. Mandela terkesan dengan warna dan corak batik dan mulai mengenakannya sebagai simbol kedekatan Indonesia dan Afrika Selatan.

Mandela telah menerima pengakuan internasional atas sikap anti-kolonial dan antiapartheidnya, setelah menerima lebih dari 250 penghargaan, termasuk Hadiah Nobel Perdamaian 1993. Mandela mendapat penghargaan yang mendalam dari Rakyat Afrika Selatan. Ia dianggap sebagai “Bapak Bangsa”, dan dikenal dengan nama klan Xhosa milik Madiba.

WARGA AFSEL TAK BERANI GUNAKAN MANDELA’S SHIRT

Desre Buirski, seorang desainer lokal kemudian merancang banyak kemeja sutra yang dicetak, disulam dan lebih dari 150 kemeja sutra yang dilukis dengan tangan untuk Mandela. Gaya ‘Kemeja Madiba’ terus dikenakan Mandela sepanjang masa jabatannya sebagai Presiden.

Peragaan Busana Batik di Afrika Selatan

Makanya, tak heran kalau awalnya masyarakat Afsel segan menggunakan batik seperti gaya mandela, karena batik dianggap Mandela’s Shirt, pakaian yang jadi ciri khas Mandela. Namun, setelah beliau tidak aktif lagi di kantor presiden, banyak yang mulai tertarik dan menanyakan dimana bisa membeli batik, yang di Afrika selatan sering disebut Madiba Shirt atau kemeja Madiba.

Nah, jika pemimpin dunia saja mencintai batik, bagaimana dengan kita?

BECIKA

 

BUKAN
BAJU BIASA, LIHATLAH…


-14%
Rp355.587 Rp305.758
-40%
Rp238.165 Rp142.841
-41%
-50%
Rp302.870 Rp151.507
Rp294.204Rp324.823
-8%
Rp62.249Rp65.427
Rp139.953
-30%
Rp345.621 Rp242.065

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *