IKON FASHION LINTAS JAMAN: JACKIE O

Jackie Kennedy Berkunjung Ke India

I want to live my life, not record it.

(Jacqueline Kennedy)

Jacqueline Bouvier Kennedy tercatat dalam sejarah dunia mode sebagai salah satu ikon sepanjang masa. Gaya berpakaian dan selera yang khas dikenal hingga sekarang. Seakan tak lekang oleh zaman, gaya busana elegan Jacqueline Kennedy terus diingat bahkan menginspirasi banyak perempuan di dunia. Hal yang paling diingat hingga kini dari perempuan yang pernah mendapat predikat sebagai The Fashion Icon First Lady tersebut, tampilan klasik yang simpel elegan sekaligus mewah akan selalu hadir dalam balutan busana formal nan feminin.

Gaya Busana Jacky Kennedy
Gaya Busana Jacky Kennedy

Banyak wanita meniru gayanya berbusana mulai dari pakaian, topi, tas hingga sepatu. Ia menjadi inspirasi para designer. Ia menjadi ikon high style fashion. Suatu ketika Jackie secara tak sengaja membuat penyok topi pillbox miliknya, segera saja topi pillbox penyok menjadi mode saat itu. Makanya, tak salah kalau ia dinisbatkan dunia fesyen dunia, sebagai salah satu Fashion Legends.

RIWAYAT JACKIE O

Jacqueline Kennedy-Onassis yang akrab disapa Jackie O memiliki syarat yang wajib dimiliki perempuan sempurna: kecantikan, keanggunan, dan selera tanpa cela. Terlahir sebagai Jacqueline Lee Bouvier di Southampton, New York, Jackie masuk dalam daftar masyarakat kelas elite sejak muda. Setelah meraih gelar sarjana Sastra Prancis dari Universitas George Washington, Jackie bekerja di surat kabar The Washington Times-Herald.

Jackie dinikahi John F. Kennedy pada September 1953. Kemampuan berbahasa asing Jackie dan pengalamannya bekerja di media sangat membantu kampanye Kennedy saat mencalonkan diri sebagai presiden Amerika. Penampilan muda, fresh, dan menarik menjadikan pasangan ini populer di kalangan young voters dan memberi pengaruh bagi budaya populer.

Baju Pengantin Jackie Kennedy
Baju Pengantin Jackie Kennedy

Setelah resmi jadi first lady, Jackie menunjuk desainer Oleg Cassini untuk merancang gaun-gaun signature look-nya. Clean silhouettes, potongan A-line dan pillbox hat menjadi ciri khas penampilan Jackie. Dalam sekejap gaya “Jackie look” menginspirasi perempuan seluruh dunia karena mudah ditiru dan terjangkau kocek. Selain memercayakan rancangan gaun pada Cassini, Jackie juga menyukai produk fashion Chanel, Givenchy, Dior dan Valentino.

Gaya Busana Jackie Kennedy
Gaya Busana Jackie Kennedy

Di era 70’an Jackie mengubah penampilan feminin dan resminya dengan celana berpotongan lebar di bagian bawah, striped shirts, scarves sutra, sepatu espadrille dan kacamata hitam besar! Yup, Jackie O lah yang pertama kali memopulerkan big sunglasses. Jackie O terus dikenang sebagai the most stylish American woman hingga akhir hayatnya pada 1994.

Sepanjang hidupnya, ia banyak meraih berbagai pencapaian. Bukti kapasitasnya sebagai perempuan cerdas. Salah satunya, Jackie dianugerahi gelar debutante of the year oleh kolumnis surat kabar Hearst, Igor Cassini, pada 1947.

FILM BIOGRAFI “JACKIE”

Kisah hidup Jackie, selalu jadi pusat perhatian banyak wanita. Hingga akhir hayatnya, Jackie  merupakan sosok yang dianggap banyak menyimpan kisah penuh rahasia. Oleh karena cerita kehidupannya yang menarik, sebuah film berjudul Jackie yang dibintangi oleh aktris cantik, Natalie Portman, diproduksi pada tahun 2016, dan didedikasikan khusus untuk Jackie.

Natalie Portman Sebagai Jackie Kennedy
Natalie Portman Sebagai Jackie Kennedy

Tentu saja, selain cerita hidupnya yang menjadi perhatian, banyak pencinta mode dunia,  juga tertarik dengan gaya klasik dan elegan Jackie dalam berbusana. Dalam film tersebut, Natalie Portman secara apik, bisa memerankan tokoh Jackie sebagai wanita cerdas dan anggun serta fashionable. Beberapa busana dalam film tersebut, jadi perhatian banyak wanita yang menyukai gaya klasik. Salah satunya, midi dress motif kotak-kotak warna kuning merupakan tampilan casual dan ringan.

Berbeda dengan terusan yang dikenakan oleh Jackie, gaun dari Narcisco Rodriguez ini, menggunakan bahan bertekstur sehingga tidak perlu menggunakan motif lagi. Kesan santai dan chic akan kamu dapatkan secara seketika.

 

Selain itu, ada juga gaun hijau dengan motif Victorian merupakan salah satu gaun paling berani digunakan oleh Jackie. Kesan vintage dan mewah pun begitu terasa pada gaun tersebut. Gaun ini jadi koleksi Burberry fall/winter 2016 dengan gaun hijau mini dan dipadukan dengan longcoat berbahan kulit eksotis. Tampilan ini merupakan paduan vintage yang sedang menjadi tren pada tahun 2016 lalu.

Dan tentu saja, jika kamu penyuka gaun panjang, coba gunakan gaun panjang berwarna pink dengan detail hitam pada strap di bahu seperti gaun milik Oscar de la Renta, gaun ini bisa menjadi duplikasi gaun Jackie berwarna soft pink yang elegan dan manis. Coba tata rambut Anda gaya sleek wet look agar perhatian terpusat pada gaun. Dan jika Anda menonton film tersebut, masih banyak gaya busana ala Jackie yang memesona lainnya.

 GAYA BUSANA MELANIA TIRU JACKIE KENNEDY

Menariknya, gaya Jackie O, tak hanya jadi inspirasi wanita dan para selebriti, tapi juga Ibu negara Melania Trump. Galibnya, First Lady Of The United States (Flotus) semestinya memiliki gaya busana sendiri yang bisa menjadi tren atau teladan banyak orang. Hanya saja pada pelantikan suaminya, Donald Trump, Melania Trump justru meniru gaya Jackie Kennedy, istri John F Kennedy.

Gaya Busana Melania Trump mirip Jackie

Dilansir Mirror, Jumat (20/1), mulai dari sarung tangan, warna, semua sama hanya topi yang berbeda. Melania melenggang dengan percaya diri bersanding dengan suaminya. Jackie terkenal mengenakan pakaian biru muda tersebut pada acara yang sama yaitu hari pelantikan suaminya pada tahun 1961. Hal ini menjadi pembicaraan warga AS soal gaya busana Flotus. Gayanya dengan sepasang sarung tangan tersebut membuatnya seolah meniru. Melania memberikan tampilan klasik dengan sentuhan sepasang sepatu hak yang sangat tinggi berwarna biru muda. Akan tetapi, Nyonya Trump ini tetap terlihat feminin dan gaya.

Pada hari bersejarah suaminya tersebut, Melania mengandalkan busana rancangan Ralph Lauren. Busana berwarna biru lembut itu terdiri dari sheath dress serta jaket berpotongan bolero yang tampil elegan dengan kerah tinggi. Jika diamati, gayanya mirip dengan gaya Jackie saat suaminya diambil sumpah sebagai presiden pada 1961 silam.

Selain itu, yang jadi sorotan adalah saat Kunjungan Trump ke kawasan Arab. Berada di negara dengan aturan busana yang konservatif, istrinya memilih jumpsuit longgar hitam Stella McCartney yang dipadu dengan oversized-belt emas dari Saint Laurent. Padanan tersebut mengingatkan pada gaya Jackie saat menghadiri pertunjukan opera 1967 lalu.

Kunjungan Donald Trump ke Vatikan
Kunjungan Donald Trump ke Vatikan

Menurut aturan busana Kepausan, wanita pemimpin atau ibu negara yang beragama Katolik harus mengenakan busana serba hitam saat bertemu Paus. Jackie pun melakukannya dalam balutan gaun hitam dan kerudung panjang kala mengunjungi Paus Paul VI 1966 lalu di Vatikan. Melania lalu mengulang momen fashion tersebut kali ini dengan dress renda Dolce & Gabbana dan kerudung pendek saat bertemu Paus Fransiskus.

JACKIE O HIDUP KEMBALI DI MILAN FASHION WEEK

Nah, sebagai bukti bahwa Fashion Statement Jackie O tak lekang waktu, dan mampu menginspirasi lintas generasi, banyak desainer dunia yang terus menerus mengeksplorasi gaya Jackie O yang klasik dan feminim, jadi gaya fesyen kekinian. Salah satunya, koleksi musim gugur 2018, Rumah mode Moschino menampilkan koleksi pakaian siap pakai yang terinspirasi dari gaya klasik dan khasnya Jackie O di panggung Milan Fashion Week 2018.

Sang desainer Jeremy Scott memperlihatkan rangkaian koleksi musim gugur terbaru dengan tema pop art yang klasik. Terinspirasi dari gaya khas Jackie O, seperti setelan blazer dan rok pensil namun dengan beragam pilihan warna yang lebih cerah. Sontak penonton yang hadir di Milan Fashion Week 2018 pun terpukau.

Para Model dengan gaya Jackie O

Moschino seakan ‘membangkitkan’ kembali sosok ikonis Jackie O Kennedy ke atas panggung runway. Seakan kembali ke masa lalu, Moschino mengkreasikan kembali Jackie O Kennedy yang kini telah menjadi ikon budaya pop. Wujud para model yang berlenggak di atas panggung runway pun mengenakan pakaian khas Jackie O Kennedy yang elegan lengkap dengan gaya rambut dan aksesori andalannya. Moschino sengaja mewarnai kulit para model dengan cat warna-warni yang sukses melebur menjadi satu kesatuan tampilan fashion show yang unik dan futuristik.

Tak hanya itu, koleksi Moschino kali ini pun dihiasi dengan beragam motif pop art yang eye catching. Misalnya saja pada padanan dress warna warni lengkap dengan sarung tangan dan topi. Cocok untuk Anda yang berjiwa ekspresif. Well, dari banyak gaya busana Jackie O, busana mana yang menginspirasi kamu ini?

BECIKA

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *